Jumat, 02 Desember 2016

Cara Jitu Merawat Burung Kacer Jadi Juara

Kacer merupakan salah satu jenis burung banyak peminat. Ini karena kicau yang indah, warna bulu yang kontras dengan perawatan mudah. Namun ada satu masalah yang sering timbul, yaitu mbagong


Berikut tips untuk mengatasinya.

Mbagong, istilah untuk salah satu jenis penyakit Kacer. Kacer membentuk seperti kuda laut, bulu berdiri (merinding) disertai bunyi ter..ter..ter.. biasanya sifat ini akan muncul jika Kacer melihat lawan, dengar suara burung lain.

Kebanyakan Kacer bagong dan itu tidak emang benar karena itu bawaan dari alam. Berani jamin burung Kacer yang bagus di lapangan lomba sepintas emang tidak bagong tapi coba lihat sehari-hari  pasti dia akan sempat bagong, cuman yang terpenting adalah perawatan dan pencucian di lapangan yang harus ekstra ketat.

Penyebab Burung Kacer bagong

Ada burung dari segi bawaan emang sudah sering bagong, jadi burung ini sudah tidak ada harapan untuk lomba atau untuk dirawat lagi, karena akan tetap hasil tidak baik.

Apakah sudah benar perawatan nya, misalnya mandi, jemur plus ekstra food. Kebanyakan Kacer bagong karena perawatan salah. Kacer burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto itu sedikit saja, kalau tidak selang waktu 2 hari. Ini bertujuan meredam hawa birahi yang berlebihan karena sifat dari burung Kacer adalah figther. Diharapkan pemberian kroto selang 2 hari ini agar burung tetap fit di lapangan tidak kosong di tengah jalan. Saran, burung Kacer lebih baik di beri pakan jangkrik saja sekitar 10 sampai 20 sehari karena di dalam tubuh jangkrik itu bersifat dingin dan lebih berpotensi menjernihkan suara dan power.

Burung kebanyakan ekstra kroto atau jangkrik perbedaannya. Burung banyak makan kroto lebih birahi dan banyak bagong. Kalau burung makan jangkrik tenaga kuat dan burung diam alias anteng tapi kerja dan tidak kosong.

Masalah mandi cukup sehari sekali karena kalau burung kebanyakan mandi akan mengundang birahi dan bagong dan burung sering “didis” (merawat bulu) sewaktu kita jemur.

Menjemur burung Kacer
Dijemur lama tidak apa-apa karena bertujuan untuk membentuk badan dan melatih nafas agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk maksimal dijemur sekitar 3 jam. Dengan alasan burung jadi itu tidak usah lama-lama dijemur karena nanti kalau lagi di lapangan akan cepat habis tenaganya,  maka burung banyak dikerodong saja agar istirahat agar nanti fit di lapangan.

Cara mengatasi Kacer mbagong

Cara mengatasi Kacer mbagong / kuda laut seperti teman juga bilang “kurangi rasa birahi”, yaitu dengan:

  1. Kurangi / hilangkan sementara pemberian extra-fooding, beri pakan sehari-hari dengan voor saja.
  2. Perbanyak jam gantung panas matahari tapi hati hati.
  3. Kurangi mandi, kalau perlu seminggu sekali enggak apa-apa.
  4. Tambahkan tetes vitamin di air minum sesuai aturan kemasan
  5. Setelah bagong hilang baru kita kasih ef-nya sedikit-sedikit, jangan terlalu banyak bisa cepat kambuh lagi.
  6. Kacer mbagong itu ada yang gampang sembuh ada pula yang sulit untuk disembuhkan, coba tempel sesama Kacer sudah jalan lagi sampai akhir tanpa mbagong.

Kesimpulan, kalau Kacer dasarnya tidak mbagong kita pulihkan dengan memperbaiki mental. Menjauhkan burung lain yang dia takut dan buat Kacer nyaman mungkin untuk perawatan harian hal ini akan membuat pulih lebih cepat. Lain hal bila Kacer kita sudah mbagong dari bawaan sulit disembuhkan.

Tips Agar Kacer Tidak Gampang Mbagong

Ciri-ciri Kacer tidak gampang mbagong ; burung lincah, gesit (tidak jinak) dan tidak perlu dimainkan dengan tangan untuk perawatan supaya tidak manja.

Sebaiknya perawatan burung itu jangan terlalu berlebih, atur saja dalam kondisi :

Kondisi Harian
Kalau burung suka diberi makan jangkrik 10 pagi 10 sore, ya kalau sudah kebiasaan demikian tidak perlu di ubah.

Kondisi Lomba
Kondisi ini burung harus betul-betul prima di lapangan. maka biasanya burung diberi jangkrik 10 ekor 2 kali sehari maka menu diubah menjadi 2 kali lipat menjadi 20 pagi 20 sore dan harus ditambah 5 biji sebelum turun ke lapangan kontes. Itu akan membuat burung jadi kenceng dengan catatan dalam kondisi normal perawatan dan selalu kerodong.

Coba juga mengatasi kacer mbangong dengan cara dikembalikan ke suasana alam agar burung siap lomba kembali seperti :

  1. Menjauhkan dari burung lain yang sedang gacor.
  2. Masukkan ke kandang umbaran yang dasarnya langsung tanah, kurung umbaran dibuat dari strimin, dan dibuat seperti di alam.
  3. Kalau tidak mempunyai tempat umbaran cukup full kerodong saja kandangnya, walaupun dalam posisi di jemur.
  4. Tempat bak mandi diberi pasir yang sudah dicuci bersih, supaya seperti di alam kembali dengan syarat jaga kebersihan setelah dipakai mandi.
  5. Selama penyembuhan jangan diberi ef cukup poor saja.
  6. Dalam minuman tetap selalu diberi vitamin supaya kondisi tetap prima.

Semua itu lakukan selama 1 bulan, dan setelah itu baru diberi lagi dengan cara sedikit demi sedikit sampai pada posisi maksimal selama 1 (satu) bulan dan setelah diyakini siap lomba baru burung kacer ikut lomba kembali untuk merebut juara.

Sumber


EmoticonEmoticon