Selasa, 29 November 2016

Pintar Memilih Sangkar Kenari Yang Baik


Ukuran Sangkar Kenari yang Baik - Sangkar atau kandang untuk burung sangat bermacam-macam bentuknya. Bagi Anda yang baru memulai usaha ternak burung tentu agak kebingungan menentukan kandang atau sangkar yang tepat dan sesuai untuk burung kenari. Pemilihan sangkar burung yang tepat akan sangat berpengaruh pada perkembangan burung. selain itu sangkar burung kenari yang baik juga akan mempunyai nilai keindahan tersendiri bagi orang yang melihatnya.


Dalam pemilihan sangkar burung kenari yang baik perlu diperhatikan ukurannya. Sangkar burung kenari yang kebesaran akan membuat pola gerak burung kurang menarik karena nampak kelonggaran. Sebaliknya, sangkar burung yang terlalu kecil akan menjadikan burung menjadi malas bergerak dan malas berkicau, selain itu juga kurang menarik untuk dilihat.

Sebenarnya ukuran sangkar burung kenari yang berukuran kecil sangat banyak sekali digunakan diluar negeri. hal tersebut dimaksudkan agar tidak membutuhkan lahan yang sangat banyak untuk budidaya burung kenari. Namun hal tersebut kurang saya anjurkan karena ukuran sangkar yang terlalu kecil akan mengganggu pertumbuhan burung kenari sendiri.

Ukuran Sangkar di Negara Lain

Biasanya di negara-negara selain Indonesia ukuran sangkar kenari yang sering digunakan adalah 20x20x25 cm. Sangkar tersebut memang cukup untuk menampung gerak burung kenari namun belum memenuhi syarat sangkar burung kenari yang baik. Menurut beberapa pengalaman yang saya jumpai ukuran sangkar segitu akan menyulitkan kenari untuk gerak bebas.

Menurut study banding yang saya lakukan (kayak sekolah aja ada study banding, hehe...) ukuran kandang kenari di kota surabaya lebarnya sekitar 40 cm. Ukuran tersebut sudah cukup ideal untuk menampung gerak bebas burung kenari. Sangkar yang terlalu kebesaran memang akan nampak mewah jika dipandang, namun kurang cocok untuk burung kenari karena jika dibandingkan ukuran burung kenari yang kecil maka akan nampak tidak menarik. Burung kenari akan terlihat seperti burung kesepian dengan rumah yang sangat besar.

Ukuran Sangkar Burung kenari yang Ideal

Sebenarnya ukuran sangkar burung kenari yang sangat ideal untuk menempatkan burung kenari adalah sangkar yang berukuran 35x35x60 cm atau 38x38x65cm. Sangkar dengan ukuran tersebut akan nampak menarik jika dilihat. Apalagi jika dihiasi ukiran atau jenis sangkar kosan akan nampak menarik sekali. Akhir-akhir ini Sangkar Ukir dan Sangkar kosan banyak diburu para pecinta burung sehingga kedua sangkar tersebut menjadi sangat populer sekarang ini.

Sekali lagi saya tekankan bahwa pemilihan sangkar burung kenari ideal akan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi burung kenari, baik dari segi kelincahan maupun kicauannya. Sebagai bahan untuk Anda jika mau membudidayakan burung kenari berikut ini ada artiket yang menarik tentang Tips budidaya burung kenari bagi pemula atau bagi Anda yang ingin membuat sangkar atau kandang kenari untuk budidaya silahkan baca Cara Membuat Kandang Kenari yang ideal dan baik.


EmoticonEmoticon